Minggu, 02 Januari 2011

Sistem Pendidikan Utama Di Belanda

Sistem Pendidikan Utama Di Belanda

Sistem pendidikan pada dasarnya adalah tergabungnya bebarapa unsur kegiatan dalam hal ini dalam bidang pendidikan menjadi satu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ciri-ciri yang terkandung dalam sistem biasanya meliputi:
1. Tujuan, menjadi tolak ukur pemilihan komponen pembentuk sistem
2. Unsur pendukung, untuk melaju mencapai tujuan
3. Adanya fungsi gerak dan kesatuan kerja dalam sistem itu sendiri
4. Adanya interaksi antar komponen, saling membantu dan bekerja sama
Sistem pendidikan di Belanda, memiliki reputasi dan kinerja yang baik, dimanapun orang memilih tempat untuk belajar disana pasti semuanya memiliki kualitas yang baik. Belanda adalah Negara kecil tapi mereka mampu bertahan di tengah arus dunia yang semakin go internasional.
Bagi orang Indonesia yang memiliki kemampuan intelektual yang cukup tinggi namun kurang memiliki kemampuan financial untuk melanjutkan sekolah di Negara sendiri, mereka dapat mengajukan beasiswa ke Negara ini.
Selain kualitas yang baik dan reputasi yang dapat dipertaruhkan, kita juga bisa semakin memperluas wawasan dengan bergabung bersama ratusan pelajar lain dari Negara berbeda. Hal ini akan sangat menyenangkan.
Belanda merupakan Negara non bahasa inggris pertama yang menawarkan program studi berbahasa inggris. Lebih dari 1000 program studi internasional dalam berbagai bidang ditawarkan oleh mereka. Kurikulumnya intensif dan memiliki level yang lebih tinggi dibandingkan Negara lain.
Orientasi pendidikan yang lebih menekankan praktek membuat perguruan tinggi di Belanda semakin diminati oleh banyak calon mahasiswa. Sebagian besar program-program studi dirancang untuk mendapatkan gelar sarjana (S1), master, PhD, diploma atau bersertifikat.
Belanda juga menawarkan program studi lanjutan berbahasa inggris sebagai pengantarnya, biasanya disebut dengan pendidikan internasional.
Institusi ini terfokus pada program studi yang berkaitan dengan pembangunan khususnya di Negara berkembang, berbasis pada kerja kelompok dengan skala kecil serta memiliki para pengajar yang memiliki pengalaman kerja di Negara-negara berkembang.
Mengapa harus Belanda yang kita pilih sebagai tempat untuk melanjutkan studi kita?
Alasannya sudah dipaparkan di atas. Faktor lain penyebab kita tidak dapat melanjutkan studi disini adalah faktor biaya yang sangat besar sedangkan pengajuan beasiswa juga kesempatannya cukup sempit .
Tidak ada salahnya kita belajar di Negara lain namun tentunya hasil yang didapat ditujukan untuk kebaikan seluruh masyarakat Indonesia saat kita kembali ke kampung halaman nanti.
Keuntungan mengikuti perkuliahan di Negara Belanda, adalah sebagai berikut:
1. Masyarakat yang multikultur dan berpikiran terbuka
2. Lingkungan studi yang mendunia/ internasional
3. Pendidikan yang berkualitas
4. Berada di tengah benua eropa
5. Biaya hidup yang memadai
Syarat-syarat yang diperlukan untuk mengambil beasiswa di Belanda:
1. Proposal pengajuan yang berisi item-item alasan mengapa kita ingin belajar di Belanda
2. Sudah memiliki sponsor sebagai penanggung jawab slama kita tinggal dan menyelesaikan beasiswa disana
3. Terdaftar di salah satu universitas dengan satu pilihan program studi
4. Memiliki visa, dan surat-surat penting lainnya
Bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti program belajar di Belanda semoga pilihan studinya tepat dan bisa diimplementasikan di negara sendiri.

sumber:www.anneahira.com/artikel-pendidikan/sistem-pendidikan.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar